Sejarahnya Alat Musik Gitar Bass Dan Eksistensinya Dunia Musik

musicbiz101wp.com – Sejarahnya alat music gitar bass dan eksistensinya dunia musik adalah salah satu instrument musik petik yang kerap digunakan oleh band-band hebat atau penyanyi solo. Salah satu musisi dunia yang selalu menggunakan gitar bass pada berbagai acara musik, adalah shawn mendes untuk gitar bass apabila dipetik dengan nada yang pas akan menghasilkan suara khas and unik. menggunakan gitar bass untuk acara musik memang menjadi hal tepat yang tidak boleh terlupakan apalagi mendengar irama bunyi dari gitar bass yang satu ini, pastinya kalian yang akan langsung dibawa dengan hanyut ke alunan lagunya.

Keunikan and ciri khas gitar bass menjadikan alat musik ini semakin populer di dunia and termasuk tanah air yang dimana lagi kalian bisa mendengarkan nada tinggi selain di gitar bass ini. dimana semua alat musik menyajikan instrument nada rendah yang hanya gitar bass saja yang mampu menghadirkan nada tinggi and akan membuat para penggemarnya meloncat-loncat, meskipun demikian untuk nada yang dihasilkan oleh musik yang satu ini sangatkah rentan and harus digunakan dengan nada tepat oleh ahli musik.

Mengapa demikian untuk peran bass pada gitar ini yang berfungsi untuk mengatur ritme and ketukan nada alunan musik. Sehingga setiap hentakannya yang akan terdengar dengan tegas and lebih jelas yang memang lah gitar bass menjadi alat musik penting yang tidak boleh terlewatkan sedikitpun, lantas siap orang yang berjasa menemukan kehadiran gitar bass ini hingga menjadikannya sebagai alat musik populer dunia and kalian simak terus artikelnya sampai selesai.

Sejarah Awal Kemunculan Alat Musik Gitar Bass

Di abad ke 15 adalah sejarah awal hadirnya alat musik gitar bass yang satu ini and awal kemunculannya di sebabkan oleh penduduk asli erop. Pada saat itu terbentu dari gitar bass bukanlah seindah and serapi sekarang dengan bentuk yang biasa kalian lihat untuk gitar bass di era melenial sekarang, adalah bentuk yang dihasilkan dari inovasi bentuk pendahulunya yakin double bass yang bentuk fisik dari double bass sendiri adalah bentuk besar yang hanya bisa dimainkan oleh orang dewasa dengan biasanya double bass akan dimainkan dengan cara di dirikan.

Nah rupanya ada tujuan tersendiri yang mendukung gitar bass dibuat dengan ukuran besar and para penduduk eropa dahulu bahwa semakin besar atal musik dibuat. Maka akan semakin besar pula suara yang di hasilkan and hal ini menjadi hal yang wajar dikarenakan di zaman dahulu belum ditemukan sedikitpun alat musik elektrik and masik menggunakan cara konvensional and dirasa kurang praktis and membutuhkan banyak tenaga serta harus memakan banyak ruang, bentuk double bass pun akhirnya dikembangkan dengan berbagai modifikasi bentuk and proses modifikasi untuk alat musiknya sendiri dimulai pada tahun 1900an yang bisa di katakana bahwa tahun tersebut adalah tahun emas untuk perkembangan musik dunia.

Awal Penemuan Gitar Bass Elektrik

Sejarah mengenai alat musik yang satu ini pun tidak hanya berhenti sampai disitu saja and terus mengalami perkembangan lebih lanjut di tahun 1920an disebuah perusahaan alat musik populer. yakin Gibson yang melalui liyod loard dengan menciptakan gitar bass elektrik, perusahaan inilah yang menjadi gerbang kesuksesan gitar bass hingga di era milemial ini.

Tentu saja dengan dibuatkannya gitar bass elektrik maka penggunaan bentuknya tidak lagi besar and pengecilan ukurannya telah diperhitungkan dengan matang. Termasuk melakukan pengetesan pada hasil nada and suara yang dikeluarkan untuk menghasilkan suara yang besar, tidak perlu lagi harus menggunakan alat musik yang besar and sudah didukung dengan kehadiran perangkat listrik.

Era Pengembangan Perangkat Gitar Bass

Setelah melakukan pengembangan and mendapatkan dukungan dari kehadiran elektrik dengan orang-orang pun mulai berfikir inovasi lebih maju and lebih menyempurnakan gitar bass. Proses inovasi ini pun dumulai oleh leo fender di tahun 1950an saat itu leo fender menemukan bass presisi and rupanya bass presisi inilah yang menjadi awal mulai kehadiran gitar bass, kelebihan bass nya kemudian dikolaborasikan dengan amplifier yang lebih maksimal and lebih fleksibel.

Sehingga jenis musik apapun bisa dimainkan di alat musik tersebut and di tahun 1959 jumlah senar bass kemudian dihadirkan dengan 6 senar. Tetapt Sembilan yahun kemudian pada 1968 fender memutuskan untuk merancang alat music gitar bass dengan kelengkapan 4 senar, hingga saat ini gitar bass dengan 4 senar masih dipergunakan and masih belum berubah sedikitpun.

Sekian dulu untuk artikel dari saya and terima kasih yang sudah luangkan waktunya untuk membaca artikel saya ini, jika kalian masih penasaran dengan informasi tentang alat musik bisa langsung kunjungi website saya ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *