Sejarah Dan Lirik Lagu Indonesia Pusaka Ismail Marzuki

musicbiz101wp – Lagu Indonesia Pusaka merupakan salah satu lagu wajib nasional yang sering didengarkan pada momen hari kemerdekaan Indonesia pusaka. Liriknya cukup syahdu karena menggambarkan cinta tanah air. Selain itu, pendengar juga diajak untuk bangga menjadi bagian dari bangsa Indonesia pusaka hingga akhir hayatnya.

Indonesia Pusaka adalah sebuah lagu karya Ismail Marzuki. Ia adalah maestro di balik lagu nasionalisme dan cinta Indonesia. Sebut saja misalnya lagu Bunga Jatuh, Halo Halo Bandung, Rayuan Pulau Kelapa, Bandung Selatan Di Malam Hari, O Kopral Jono, Sepasang Bola Mata, Selendang Sutera, dan Perwira Berani, dan masih banyak lagi.

Ismail Marzuki menjadi aktivis seni selama perjuangan kemerdekaan. Ia lahir pada 11 Mei 1914, ketika pemerintah kolonial Belanda masih berkuasa di Indonesi. Ismail tumbuh dengan kemampuan menguasai penggunaan 8 alat musik, yaitu harmonika, mandolin, gitar, ukulele, biola, akordeon, saksofon, dan piano.

Kecintaan Ismail pada seni mulai menunjukkan hasil pada usia 17 tahun. Saat itu ia menggubah lagu pertamanya. Selain itu, Ismail mengkhususkan diri dalam mengarang lagu dengan tema perjuangan kemerdekaan Indonesia.

Lagu-lagu Ismail Marzuki bergema di hati masyarakat Indonesia. Dari ratusan karyanya, ada 9 lagu yang menjadi lagu wajib dan sering diputar di radio-radio khususnya RRI saat itu.

Pemerintah Indonesia menganugerahkan Ismail Marzuki sebagai Pahlawan Nasional pada tahun 2004. Selain itu, museum Taman Ismail Marzuki (TIM) dibangun untuk menghormatinya. Di museum ini Anda bisa menemukan koleksi pribadi Ismail Marzuki, termasuk tulisan tangan dari lagu-lagunya.

Lirik Lagu Indonesia Pusaka BY : Izmail Marzuki

Bait 1

Indonesia tanah air beta

Pusaka abadi nan jaya

Indonesia sejak dulu kala

Selalu dipuja-puja bangsa

 Reff:

Di sana tempat lahir beta Dibuai dibesarkan bunda

Tempat berlindung di hari tua

Sampai akhir menutup mata

Bait 2

Sungguh indah tanah air beta

Tiada bandingnya di dunia

Karya indah Tuhan Maha Kuasa

Bagi bangsa yang memujanya

Reff:

Indonesia ibu pertiwi

Kau kupuja kau kukasihi

Tenagaku bahkan pun jiwaku

Kepadamu rela kuberi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *