Sejarah Alat Musik Harpa Dan Cara Mainkannya

musicbiz101wp.com – Sejarah alat musik harpa dan cara mainkannya harpa merupakan jenis alat musik menghasilkan bunyi paling indah diantara lainnya. Bahkan untuk alat musik harpa merupakan instrumen paling tua telah dipakai di era mesir kuno dan tepapi di zaman seperti saat ini sudah banyak yang bermunculan harpa-harpa elektrik atau tepatnya harpa modern mengikuti perkembangan untuk harpa modern biasanya berupa triangular mempunyai 22 hingga 47 batang senar, ada juga harpa berdimensi dua kaki sampai enam kaki ukurannya 60 cm – 180 cm.

Sedangkan harpa berdimensi kecil dapat dimainkan dengan memakai selendang danberbeda halnya harpa berdimensi besar harus diletakkan di tanah. Bahasa inggrisnya sendiri alat musik ini dikenal dengan nama harpa alat musik memiliki ciri khas senar dengan harpa yang perlu dipetik terlebih dahulu baru bisa mengeluarkan bunyi layaknya seperti alat musik tradisional berasal dari sunda, atau dikenal sebagai Kecapi dan baik memakai kaki atau tangan kalian bisa memainkannya.

Ada salah satu fakta menarik patut diketahui dari harpa sebelum kalian mencoba memainkannya dan yakni harpa sering sekali dipercaya menjadi alat musik dimainkan oleh malaikat atau dewa. Penasaran kan seperti apa sejarah dan perjalanan harpa sampai terkenal akan mitosnya ini, maka kenali lebih lanjut terkait harpa berikut yang ada di bawah ini ulasannya.

Sejarah Alat musik Harpa

Seperti kita sampaikan diatas bahwa harpa sudah ada sejak zaman Mesir Kuno atau tepatnya 5.000 tahun lalu. Fakta ini sendiri telah dibuktikan melalui temuan gambar orang Mesir Kuno tengah memegang Harpa di dinding makam yang letaknya ada di dekat sungai, sungai itu dinamakan Nil Ilmuwan mengatakan bahwa gambar ini diperkirakan berasal dari 300 SM. Tidak disangka-sangka bukan bahwa jenis alat musik ini sudah ada sejak zaman dulu kala itu mengapa harpa menyimbolkan terkait dewa atau malaikat dikarenakan suara dikeluarkan berupa petikan senar indah, maka dari itu harpa dinilai seperti suara malaikat yang sangat indah.

Menjadi alat musik paling tua di dunia mempunyai bentuk mirip seperti kecapi dan awalnya harpa populer di negara-negara seperti Celtic pada 1200an. instrumen harpa mempunyai label dinamakan cruit dan layaknya wine juga suara dikeluarkan jauh lebih baik seiring bertambahnya umur harpa dan tentu hal ini menjadi sebuah perbedaan dari alat musik pada umumnya, ini juga menjadi alasan kenapa harga di banderol begitu mahal dan kenapa harga bekas sama seperti harga baru.

Perjalanan Alat Musik Harpa

1. Era Ancient Egypt 2500 Masehi

Kali pertama harpa ditemukan di Mesir Kuno sekitar 3000 SM namun ketika pertama kalinya ditemukan bentuknya sendiri seperti busur bersudut dan mempunyai sedikit senar, Tidak mempunyai kolom jadi senar dimilikinya begitu dikit.

2. Iriladia Harpa 800 Masehi

Sudah mengalami perkembangan ketika ditemukan di Eropa barat saat pertengahan abad ke delapan sampai 10 Masehi. Maka dari itu Harpa sudah mempunyai kerangka lebih jauh lebih modern yakni 10-11 senar yang ditemukan di Irlandia pada 800 Masehi menunjukkan kotak suara berlubang, fungsinya sendiri untuk memperkuat suara instrumennya dan Ini juga termasuk modifikasi tiang bagian depan melengkung dan juga leher jadi kuat dengan 30-36 senar kuningan.

3. Harpa Diatonik 1800 Masehi

Tepat pada 1800 Masehi ada perbedaan antara Harpa berasal dari benua Eropa dan termasuk Irlandia. Kalau anda mengamati harpa yang ada di Irlandia ada tulang depan lebih jauh tipis tidak melengkung dan lehernya sendiri ramping melengkung katas buat memenuhi ujung dari tiangnya, sementara harp diatonik dikatakan harpa renaisans mempunyai senar 24 paling banyaknya dan dipasangkan di papan suara dengan pasak kayu atau brays. Melalui perkembangan balik di akhir abad ke 17, di abad inilah harpa mempunyai badan kokoh dan pilar depan lurus lagi

4. Triple Strung Harpa 1700 Masehi

Kali ini dengan di temukan di Italia tepatnya pada akhir abad ke 16 atau awal abad ke 17 dikenal sebagai nama Harpa rangkap tiga, alat Harpa ditemukan mempunyai kecapi dengan suara yang ganda yang sudah dilengkapi oleh dua baris senar disetel secara strategis supaya ketika dimainkan dua tangan lebih nyaman.

5. Double Action Pedal Harpa 1810 Masehi

1810 M alat musik harpa berpedal ganda dipatenkan, yang tadinya 7 dipatenkan jadi dua. Sehingga harpa dikatakan harpa dengan pedal ganda atau dua. Setiap pedal ditekan pertama kali secara tidak langsung disk di bagian atasnya bisa berputar sebagian dan menahan senarnya.

itulah tentang alat musik harpa dari zaman dahulunya dan sekian dulu artikel hari ini dan terima kasih sudah luangkan waktunya yang sudah membaca artikel saya ini, jika kamu ingin informasi yang lainnya bisa masuk wabsite saya ini.

Itulah tentang alat musik harpa ditemukan dan sekian dulu dengan artikel saya hari ini, terima kasih sudah luangkan waktunya dengan sudah membaca artikel saya ini dan ingin informasi lebih lanjut bisa ke wabsite saya ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *