Lirik & Sejarah Lagu Indonesia Raya Terbaru!!

musicbiz101wp – Lagu Indonesia Raya Mengutip buku C. Hutabarat yang berjudul ‘Menyempurnakan Sejarah dan Biografi Wage Rudolf Soepratman’, ada sesuatu yang berkesan di balik pembuatan lagu Indonesia Raya karya W.R Soepratman. Ide penulisan ini bermula ketika ia membaca sebuah artikel di sebuah majalah terbitan Solo, Jawa Tengah, bernama Timbul.

Buku itu mengatakan “Alangkah baiknya jika ada anak muda Indonesia yang bisa menggubah lagu kebangsaan, karena bangsa lain sudah memiliki lagu kebangsaan sendiri.”

Membaca artikel tersebut, W.R Soepratman termotivasi dan mulai menulis teks lagu Indonesia Raya. Lagu Indonesia Raya lahir pada pertengahan tahun 1928 dan pertama kali dimainkan pada tanggal 28 Oktober 1928 tepatnya pada Kongres Pemuda Indonesia Kedua.

Karena maknanya yang dalam, yang seolah menyihir jiwa bangsa Indonesia, maka lagu Indonesia Raya ditetapkan sebagai lagu kebangsaan Indonesia dan merupakan lagu resmi Indonesia yang wajib dinyanyikan pada saat upacara-upacara penting.

Pada tahun 1944 dibentuk Panitia Lagu Kebangsaan Indonesia yang diketuai oleh Soekarno dan beranggotakan Ki Hajar Dewantara, Achiar, Sudibyo, Darmawidjaja hingga Pak Oetojo. Pada tanggal 8 September 1944 diambil beberapa keputusan, yaitu:

  1. Jika lagu kebangsaan Indonesia Raya dinyanyikan hanya dalam satu bait, maka pengulangannya dinyanyikan dua kali. Jika tiga bait dinyanyikan, pengulangan dinyanyikan satu kali, tetapi untuk bait ketiga pengulangan dinyanyikan dua kali.
  2. Saat mengibarkan Bendera Merah Putih, Lagu Kebangsaan Indonesia Raya harus dinyanyikan dengan cepat ukuran 104. Saat berbaris, gunakan puasa 1-2-120 seperlunya.
  3. Kata “semua” diganti dengan “Sem’wanya”. Tidak ada tambahan “lakukan”.
  4. Kata “refein” diganti dengan “ulangan”.

Saking populernya, Belanda khawatir lagu Indonesia Raya akan menambah semangat bangsa Indonesia untuk merdeka. Oleh karena itu, pemerintah Hindia Belanda melarang rakyat Indonesia menyanyikan lagu tersebut.

Setelah Jepang menduduki Indonesia, lagu ini diizinkan untuk dinyanyikan kembali pada pertemuan dan upacara resmi. Bahkan dimainkan setelah Presiden Soekarno membacakan teks proklamasi kemerdekaan pada 17 Agustus 1945.

Lirik Lagu Indonesia Raya

Satanza 1

Indonesia tanah airku
Tanah tumpah darahku
Di sanalah aku berdiri
Jadi pandu ibuku
Indonesia kebangsaanku
Bangsa dan Tanah Airku
Marilah kita berseru
Indonesia bersatu

Hiduplah tanahku
Hiduplah negriku
Bangsaku Rakyatku semuanya
Bangunlah jiwanya
Bangunlah badannya
Untuk Indonesia Raya

Indonesia Raya
Merdeka Merdeka
Tanahku negriku yang kucinta

Indonesia Raya
Merdeka Merdeka
Hiduplah Indonesia Raya

Indonesia Raya
Merdeka Merdeka
Tanahku negriku yang kucinta

Indonesia Raya
Merdeka Merdeka
Hiduplah Indonesia Raya

Baca Juga :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *