Alat Musik Petik Tradisional Indonesia Dan Modern

musicbiz101wp.com – Alat musik petik tradisional Indonesia dan modern merupakan salah satu jenis alat musik yang cara memainkannya dengan di petik, alat musik petik jenisnya sangat banyak sekali dan baik dari alat musik petik tradisional Indonesia maupun internasional.

Pengertian Alat Musik

Alat musik adalah suatu instrumen yang diciptakan ataupun dimodifikasi yang bertujuan menghasilkan musik, segala sesuatu alat yang menghasilkan suara dan bisa diatur oleh musisi yang bisa disebut sebagai alat musiknya.

Adapun bidang ilmu yang mempelajari tentang alat musik biasanya disebut organolagi.

Jenis-Jenis Alat Musik

Alat musik bisa di buat dari berbagai dengan bahan apa saja, baik yang berasal dari bahan-bahan alam maupun yang sengaja di buat di pabrik-pabrik.

Untuk menghasilkan irama nada yang baik, alat musik dibagai beberapa jenis berdasarkan cara menggunakannya untuk menghasilkan bunyi yang indah.

1) Alat musik tiup adalah alat musik yang cara memainkannya dengan cara ditiup.
2) Alat musik pukul adalah alat musik yang menghasilkan bunyi dengan cara dipukul.
3) Alat musik petik adalah alat musik dengan memetik dawai hingga tinbul getaran yang menghasilkan bunyi.
4) Alat musik gesek adalah alat musik yang cara memainkannya dengan cara dawai di gesek.

Alat musik Petik Tradisional Indonesia

Alat musik petik celempung

Celempung merupakan alat musik petik yang berasal dari daerah jawa alat musik satu ini dimainkan dengan ibu jari, sedangkan jari lainnya digunakan untuk menahan getaran.

Celempung memiliki panjang sekitar 90cm dan memiliki empat kaki dan memiliki 13 senar, biasanya celempung disetel datu aktaf dibawh siter.

Ciri khas celempung lainnya adalah salah satu senar celempung yang di setel dengan nada prelog dan sisanya disetel slendro, jenis seperti ini dijumpai pada pagekaran seni musik asal daerah bali.

Alat Musik Petik Dimba Nggowuna

Alat musik satu merupakan alat musik yang beasal dari daedah sulawesi tenggara tepatnya yang dimiliki oleh suku tolaki. dimba mggowuna dipercaya sudah ada sejak neolitikum, namun seiring berkembangannya zaman untuk alat musik ini tergantikan dengan alat musk midern.

Dimba Nggowuna terbuat dari bambu serta rotan yang memiliki ukuran sekitar 40-45cm, dengan memainkan dimba nggiwan merupakan salah satu bentuk perwujudan adanya alat musik yang ditinggalkan oleh leluruh kita.

Alat Musik Petik Gambus

Alat musik petik Gambus merupakan alat musik tradisional yang berasal dari daerah riau, awalnya alat musik ini dipercaya hasil modifikasi atau meniru alat musik Al’ud yang berasal dari Arab.

Namun para seniman menyatakan bahwa gambus merupakan alat musik tradisional melayu dari Daerah riau, karena banyak dibuktikan dengan dongeng-dongeng yang mengisahkan Gambus yang berasal dari riau.

Gambus melayu riau dulu dimainkan secara individu oleh para nelayan untuk hiburan ketika mencari ikan, disaat Gambus banyak digunakan sebagai pengiring zapin.

Alat Musik Petik Guoto

Guoto merupakan alat musik petik Guoto tradisional Indonesia yang berasal dari Daerah Papua Barat. ini dibuat menggunakan kayu dan senar serta kulit binatang lembu.

Guoto sangat jarang sekali bisa kita lihat dan dengar, karena hanya akan dimainkan ketika ada upacara adat tertentu saja.

Jarangnya alat musik Guoto dimainkan, membuat banyak para wisatawan lokal maupun mancanegara yang berkunjung ke papua barat hanya untuk melihat alat musik tradisional ini dimainkan

Alat Musik Petik Hapetan/Hasapi

Hapetan merupakan alat musik tradisional indonesia yang berasal dari Sumatera Utara, karena bentuknya yang menyerupai kecapi dan beberapa orang suku asli sering menyebutnya dengan hasapi atau kecapi.

Alat musik ini dikatagorikan sebagai alat musik dawai atau senar, hasapi sering dimainkan oleh masyarakat toba, hingga sering disebut juga sebagai kecapai batak.

Alat Musik Petik Hawaian

Hawaian perupakan alat musik maluku yang mirip dengan gitar listrik dan hawaian juga menggunakan listrik untuk memainkannya, namun ada yang berbeda dalam pembuatannya untuk hawaian dibuat menggunakan kayu dan logam.

Alat ini mempunyai delapan kawat dan menyetelnya menggunakan nada memtiknya menggunakan alat berbentuk kuku jari yang terbuat dari plastik kulit kerang.

Sekian dulu untuk artikel alat musik tradisional dan terima kasih sudah luangkan waktunya untuk membaca artikel saya. jika kalian ingin ketahui alat musik tradisional atau modern bisa langsung masuk ke website saya ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *